Pages

Hal Utama Yang Harus Diperhatikan Saat Memasuki Dunia Kerja

Setelah melewati beberapa fase kehidupan menempuh pendidikan mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas hingga perguruan tinggi, kita tentu akan dihadapi dengan persoalan yang lebih nyata, yakni dunia kerja. Entah itu mencari pekerjaan di perusahaan negeri/swasta, atau membuka usaha sendiri. Setiap pilihan pasti memiliki konsekuensi.

"Jalan tidak selalu rata, ada kalanya terjal."

Apa yang terjadi tak melulu sesuai rencana. Pasti akan ada risiko yang dihadapi. Mampukah kita menghadapinya? Yuk simak di bawah ini beberapa hal utama yang perlu kamu perhatikan saat memasuki dunia kerja :-)



1. Knowledge

Seseorang yang memiliki ilmu akan tahu ke mana arah pekerjaan yang harus ia selesaikan. Pengetahuan tak hanya sebatas mengingat teori terkait bidang ilmu tertentu, tetapi juga berbicara tentang sejauh mana wawasan yang kamu miliki. Jadi Guys, jangan sampai kita cuma ingat rumus F = m.a tapi gak mau tahu soal berita yang sedang up to date, perkembangan ilmu teknologi, isu budaya, dan lainnya. Wawasan terhadap pengetahun umum adalah penting, apalagi untuk kita yang mau mencoba masuk ke ranah pemerintahan, biasanya pertanyaan seputar pengetahuan umum dan kenegaraan sering kali muncul. Siap-siap aja, ya. Buka internet jangan hanya untuk facebookan, stalker status mantan, atau pamer makanan. Tetapi gunakanlah untuk berselancar hal-hal penting yang bermanfaat.




2. Skills

Seberapa banyak pun pengetahuan yang ada dalam isi kepala kita, takkan berarti jika tanpa diamalkan. Kita harus mampu mengaplikasikan teori yang telah kita pelajari selama ini. Perusahaan akan suka dengan seseorang yang memiliki pengalaman sebelumnya, terutama di bidang yang sedang kita masuki lamarannya. Kerja yang sesungguhnya tak membutuhkan seseorang yang hanya pandai berkata, melainkan seseorang yang pandai mengkonversikan teori ke dalam prakteknya.




3. Attitude

Dan satu hal yang paling utama adalah etika/sikap/prilaku kita. Berpenampilan rapi dan sopan setidaknya akan membuat first impression yang baik dari sang atasan perusahaan. Knowledge without attitude, is zero. Percuma jika punya pengetahuan dan skill yang tinggi, tapi etika kita rendah. So, mulailah belajar menerapkan apa itu kecerdasan intelektual, moral dan emosional.


Nah, 3 hal di atas adalah contoh hal-hal utama yang mesti kamu perhatikan saat mulai memasuki dunia kerja. Fase kehidupan yang lebih nyata.
 



windi ariesti

I'm from Indonesia. I like writing, editing video and travelling.

No comments:

Post a Comment