Pages

Tips Presentasi Yang Baik dan Efektif

Presentasi merupakan salah satu hal yang sudah tak asing lagi di telinga kita. Bagaimana tidak, saat ini, hampir setiap mata pelajaran atau mata kuliah yang ada pasti melibatkan para muridnya untuk bertindak aktif. Jika dahulu seorang pelajar hanya cukup duduk menyimak dan menulis, kini sudah tidak lagi. Perkembangan ilmu dan teknologi mendorong manusia untuk terus berpikir lebih kreatif dan tak ketinggalan zaman.
Guys, di antara kita pasti banyak yang masih bertanya-tanya, sebenarnya gimana sih presentasi yang baik? Nah, kali ini writer bakal sharing apa saja hal-hal yang harus kita perhatikan agar presentasi kita mendapat nilai yang bagus bahkan mendapat pujian! :-)




1. Be Confident

Jangan salfok (salah fokus) sama mereka berdua ya, Guys :-D Percaya diri di sini bukan tentang seberapa tampannya kalian, melainkan seberapa jauh kalian bisa berpenampilan baik. Percuma kan kalau tampan, tapi pakaian gak sopan dan acak-acakan. Saat kamu akan presentasi, itu artinya kamu akan berada di depan kelas dan menjadi sorotan. Nah, setidaknya berusahalah untuk berpenampilan good looking, badan tegap dan meyakinkan supaya teman-teman kamu pun tertarik untuk melihat presentasimu. Dosen pun tentu akan tertarik dan menghargai usahamu. Lalu, bukan hanya sekadar penampilan fisik, melainkan jiwa dan ragamu juga harus sepenuhnya kau fokuskan untuk saat itu. Kumpulkan rasa percaya dirimu, tarik nafas dalam-dalam dan banyak berdo'a sebelum kau memulai presentasi bisa menjadi salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkan nervous.



2. Don't Whisper

Karena ini bukan ajang main bisik-bisik kata, so, kalian gak perlu mengecilkan suara. Lantangkan saja! Giliran ketemu sang idola kamu bisa teriak-teriak histeris sampai terdengar ke luar pulau, giliran presentasi di depan kelas doang, kamu malah bisik-bisik kagak jelas. Jangan sampai gitu ya, Guys. Karena saat itu tugas kita adalah menyampaikan, bukan lagi membaca untuk diri sendiri. Jadi, perlu dong untuk bisa didengar orang lain.


3. Not Just Read

Nah, guys, sekali lagi, tugas kalian di sini adalah menyampaikan. Jadi, jangan sampai kalian tidak bisa membedakan mana presentasi, dan mana ajang lomba baca cepat. Kalau hanya baca di depan kelas, teman kalian juga bisa. Maka, lebih dari itu, kalian harus bisa mentransfer ilmu atau konten dari apa yang kalian bahas di depan agar bisa diterima oleh kawan-kawan kalian selaku audiens. Mereka yang menyimak juga tentunya akan lebih respect pada kalian dan terhindar dari rasa kantuk. Memang mustahil untuk 100% bisa mencernanya, tetapi setidaknya, kalian telah berusaha menyampaikannya dengan cara yang benar. So, tugas kalian di sini adalah memahaminya, bukan sekadar menghapal. Makanya, perlu persiapan yang matang. Metode membaca berulang-ulang juga bisa kamu lakukan untuk memperkuat ingatan.





4.Serious But Still Enjoy

Karena kalian bukan sedang stand up comedy, maka jangan terlalu banyak cengengesan. Kalian mesti tahan godaan ketika teman berusaha mengganggu. Suka ada yang iseng begitu, kan :-D Selain akan mengganggu jalannya presentasi, hal tersebut juga bisa membuat dosen mengurangi poin/nilaimu. Tapi, jangan sampai keseriusan kalian juga membuat suasana menjadi tegang dan menyeramkan layaknya sedang menonton serial Suzana.




5. Prepare A Good Content

Selain masalah penampilan personal, kamu juga perlu menyiapkan konten yang efektif. Lakukan review terhadap konten yang akan disampaikan, siapa tau masih ada kata yang typo, kalimat yang ambigu, atau teori yang meragukan. Lalu, kemas konten tersebut dengan kemasan yang pas. Make it simple, tapi mesti menarik juga yaaa. 


Well, 5 hal di atas merupakan tips yang bisa kamu terapkan untuk melakukan presentasi yang baik dan efektif sehingga menghasilkan nilai yang memuaskan :-)
Intinya sih, jangan ragu, sampaikan saja apa yang ada dalam benak. Pede aja dulu, urusan salah, belakangan. Haha, tapi lebih bagus kalau "benar" ya :-)


windi ariesti

I'm from Indonesia. I like writing, editing video and travelling.

No comments:

Post a Comment